Ambil diskonnya, yuk!

Kecoa adalah serangga yang mungkin paling banyak ‘haters’-nya. Sayangnya, kerap kali kita harus bertemu dengan hama satu ini, bahkan di dalam rumah! Bikin takut sekaligus jijik gak, sih? Nah, ada sejumlah cara mengusir kecoa di rumah yang bisa kamu lakukan biar hewan ini pergi selama-lamanya.

Gak mau ‘kan terus-terusan diganggu sama kecoa? Yuk, langsung simak aja informasi di bawah ini!

Cara mengusir kecoa di rumah

Cara usir kecoa di rumah sebenarnya gampang, kok. Bahkan, kamu bisa menggunakan sejumlah bahan-bahan alami seperti berikut ini. Ada apa saja, sih?

1. Asam borat

cara mengusir kecoa

Kamu bisa menggunakan asam borat sebagai cara ampuh mengusir kecoa dari rumah. Asam borat tersedia dalam bentuk cairan semprot (spray) maupun bubuk.

Asam borat bisa kamu semprotkan atau taburkan di area-area yang dirasa menjadi sarang kecoa. Mengingat bahan kimia ini berbahaya, jauhkan dari jangkauan anak-anak, ya.

2. Soda kue

cara mengusir kecoa

Cara mengusir kecoa di kamar tidur, kamar mandi, dan area lainnya di rumah juga bisa dengan menggunakan soda kue (baking soda). Caranya adalah sebagai berikut:

  • Campurkan soda kue dengan gula
  • Taburkan pada area-area yang menjadi sarang kecoa, atau ketika kecoa terlihat

Sifat zat di dalam soda kue akan membuat kecoa mati apabila masuk ke dalam pencernaannya.

3. Minyak esensial

cara mengusir kecoa

Minyak esensial ternyata tidak hanya berfungsi sebagai pengharum ruangan, lho. Lebih dari itu, kamu bisa menggunakannya untuk mengusir atau bahkan mematikan kecoa.

Minyak peppermint, contohnya. Kamu bisa mencampurkan minyak ini dengan air garam lalu semprotkan pada area-area di sekeliling rumah untuk mencegah kecoa—maupun serangga lainnya—mendekat.

4. Timun

cara usir kecoa

Siapa sangka, timun ternyata juga efektif mengusir kecoa di rumah! Kamu hanya perlu mengiris timun menjadi beberapa bagian, kemudian letakkan saja di area-area yang sering terdapat kecoa.

Aroma dari timun sudah cukup membuat kecoa dan serangga lainnya enggan untuk mendekat.

5. Daun salam

cara usir kecoa

Kecoa juga benci dengan aroma daun salam sehingga bumbu dapur yang satu ini juga bisa menjadi cara ampuh mengusir kecoa yang bisa kamu terapkan.

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan 3-4 lembar daun salam
  • Hancurkan daun salam hingga menjadi bubuk
  • Taburkan di sekeliling rumah, terutama area-area yang sering terdapat kecoa

6. Air perasan jeruk lemon

cara usir kecoa

Mau cara yang lebih mudah lagi? Kamu bisa menggunakan air perasan jeruk lemon. Peras jeruk lemon di area-area yang menjadi sarang kecoa.

Atau, kamu bisa mencampurkannya ke dalam air, kemudian pel lantai rumah menggunakan air yang sudah dicampur lemon. Selain mengusir kecoa, cara ini juga bisa membuat lantai menjadi harum.

7. Pelicin pakaian

cara mengusir kecoa

Pelicin pakaian yang kamu miliki juga bisa digunakan untuk mengusir kecoa, lho. Cukup semprotkan di area-area di mana sering terlihat kecoa, atau saat kecoa datang ‘menyerang’.

Aroma harum dari pelicin pakaian tentu saja tidak disukai oleh kecoa sehingga membuat mereka kabur atau bahkan mati saat kamu menyemprotnya.

8. Bunga melati

cara usir kecoa

Cara mengusir kecoa lainnya adalah dengan menaburkan kelopak bunga melati di sudut-sudut rumah yang menjadi tempat kecoa sering terlihat atau bahkan bersarang.

Wangi semerbak dari bunga melati juga ampuh membuat kecoa menghindar saat mencium baunya.

9. Petroleum Jelly

cara mengusir kecoa dengan petroleum jelly

Petroleum jelly yang kerap kita gunakan sebagai pelembap kulit ini juga bisa membantu rumah kamu bebas dari kecoa.

Campurkan petroleum jelly dengan sedikit gula, kemudian oleskan di titik-titik yang sering terdapat kecoa.

10. Cairan pembasmi serangga

cara mengusir kecoa dengan pembasmi serangga

Cara mengusir kecoa yang paling mudah tentu saja dengan menyemprotkan cairan khusus serangga. Cairan yang kerap kita sebut sebagai ‘obat nyamuk’ ini memang sudah diformulasikan untuk—tidak hanya mengusir—tapi juga mematikan serangga hama, termasuk kecoa.

Rekomendasi cairan pembersih serangga terbaik 2022

Nah, ngomong-ngomong soal cairan pembersih serangga, berikut ini HappyFresh kasih rekomendasi produk cairan pembersih serangga terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mengusir Kecoa. Semuanya bisa kamu dapatkan di HappyFresh Supermarket. Ada apa aja, tuh?

1. Baygon Anti Nyamuk, Lalat, dan Kecoa Harum Flower Garden

cara mengusir kecoa

Beli sekarang!

2. Baygon Anti Nyamuk, Lalat, dan Kecoa Lavender

cara mengusir kecoa

Beli sekarang!

3. Vape Anti Nyamuk & Kecoa Lavender

cara mengusir kecoa

Beli sekarang!

4. Force Magic

cara mengusir kecoa

Beli sekarang!

5. Hits Aerosol Blooming Tea

cara mengusir kecoa

Beli sekarang!

Belanja kebutuhan rumah tangga online di HappyFresh Supermarket

Cari obat pengusir kecoa dan produk rumah tangga lainnya? HappyFresh Supermarket tempatnya! Semua produk yang kamu butuhin pasti ready stock dan jadwal pengirimannya #BisaDiatur sesuai keinginan kamu mulai dari 6 pagi setiap harinya!

Gak cuma itu, belanja di HappyFresh Supermarket jadi lebih hemat karena ada diskon dan promo menarik everyday! Ditambah lagi gratis ongkir tanpa syarat sampai ke depan rumah kamu! Yuk, belanja sekarang juga di HappyFresh Supermarket. Klik banner di bawah ini, ya. Happy shopping!

Kejar diskonnya sekarang juga!


Baca juga: 11 Cara Membersihkan Kaca yang Buram (Mudah & Ampuh!)