Sayur & buah diskon 35%! Klik di sini

Menerapkan gaya hidup vegetarian menjadi pilihan banyak orang saat ini, mungkin termasuk kamu salah satunya. Alasan umumnya, mengonsumsi menu makanan vegetarian dianggap ampuh dalam menurunkan berat badan, selain juga memberikan manfaat kesehatan lainnya.

Nah, menu vegetarian apa saja yang bisa kamu konsumsi setiap hari? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Menu makanan vegetarian yang praktis, enak, dan sehat

Ada banyak contoh menu makanan vegetarian yang bisa kamu konsumsi sehari-hari agar berat badan terjaga dan tubuh tetap sehat, antara lain sebagai berikut:

1. Sapo tahu

menu makanan vegetarian

Sapo tahu adalah makanan yang berasal dari Negeri Tirai Bambu, Tiongkok, yang cukup popular di Indonesia. Bahan-bahan sapo tahu yang utama meliputi tofu, sayuran, dan rempah-rempah.

Umumnya, sapo tahu disajikan di dalam mangkuk keramik yang disebut claypot. Ini bertujuan agar sapo tahu dalam kondisi hangat untuk waktu yang lebih lama. Soal rasa, jangan ditanya. Pastinya enak dan segar!

2. Gado-gado

menu makanan vegetarian

Gado-gado adalah makanan yang cocok banget buat kamu yang memilih gaya hidup vegetarian, nih. Makanan khas Indonesia yang identik dengan bumbu kacang ini bisa kamu temukan dengan mudah, karena banyak yang menjualnya.

Namun, kalau kamu mau bikin gado-gado sendiri di rumah juga bisa, kok. Pasalnya, makanan ini tergolong mudah dibuat. Kamu hanya perlu menyiapkan sayur-sayuran seperti yang tadi sudah disebutkan, dan bumbu kacang.

3. Ketoprak

menu makanan vegetarian

Nah, kalau menu makanan vegetarian yang satu ini pastinya juga sudah tidak asing lagi buat kamu. Bisa dibilang, ketoprak yang merupakan makanan khas Betawi ini adalah ‘saudara’ dari gado-gado karena sama-sama menggunakan bumbu kacang sebagai sausnya.

Bedanya, bahan-bahan ketoprak tidak mencakup sayur-sayuran (kecuali tauge). Sisanya terdiri dari lontong, tahu, dan bihun.

4. Sup krim jagung

menu makanan vegetarian

Contoh makanan vegetarian lainnya adalah sup krim jagung. Tidak hanya enak, makanan yang satu ini juga tentu saja menyehatkan karena di dalamnya ada jagung.

Dilansir dari Medical News Today, jagung mengandung banyak serat yang membuatnya baik untuk kesehatan pencernaan.

5. Sate jamur

menu makanan vegetarian

Sate jamur menjadi pilihan makanan vegetarian selanjutnya untuk kamu. Menariknya, tekstur jamur bisa dibilang menyerupai daging ayam sehingga memang cocok dijadikan penggantinya.

Kamu bisa menikmati sate jamur layaknya menu sate ayam, yakni disiram saus kacang atau kecap, tergantung mana yang lebih kamu suka.

Beli jamur harga murah di sini!

6. Pepes tahu

menu makanan vegetarian

Pepes tahu adalah makanan khas Sunda yang juga bisa kamu konsumsi saat menerapkan diet vegetarian. Makanan ini terbuat dari bahan utama tahu kemudian dibungkus menggunakan daun pisang.

Selain pepes tahu, sebenarnya kamu juga bisa menggunakan bahan lain seperti tempe atau jamur.

7. Opor tahu

menu makanan vegetarian

Kamu mungkin sering menemukan menu opor ayam. Nah, karena diet vegetarian itu artinya kamu tidak mengonsumsi daging hewan, maka cara yang bisa dilakukan agar tetap bisa menikmati hidangan ini adalah menggantinya dengan tahu.

Opor tahu juga tidak kalah enak dengan opor ayam, lho. Apalagi, tahu mengandung banyak protein sehingga baik untuk kesehatan tubuh kita.

8. Plecing kangkung

menu makanan vegetarian

Menu makanan vegetarian dengan cita rasa pedas dan asam ini bisa juga dijadikan menu makanan sehari-hari kamu. Ada beberapa versi plecing kangkung, tapi kamu bisa coba plecing kangkung khas Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Ya, plecing kangkung dari Lombok dikenal akan rasanya yang lebih menggiurkan ketimbang resep plecing kangkung lainnya. Ditambah lagi jenis kangkung yang digunakan adalah kangkung air. Kangkung ini disebut-sebut punya tekstur yang lebih renyah.

9. Pecel sayur

menu makanan vegetarian

Mirip gado-gado, pecel sayur yang merupakan makanan khas Jawa ini terdiri dari berbagai jenis sayuran seperti toge, bayam, tahu bacem, dan tempe goreng. Jadi, pas banget buat kamu yang seorang vegan, nih.

10. Urap

menu makanan vegetarian

Urap juga merupalan menu makanan yang bahan utamanya terdiri dari sayuran seperti toge, kacang Panjang, dan daun singkong. Sayur-sayur tersebut direbus kemudian dicampur dengan kelapa parut.

Supaya lebih menggugah selera, kamu bisa menambahkan bawang merah dan bawang putih pada makanan ini. Yuk, dicoba!

11. Salad buah

menu makanan vegetarian

Menu makanan vegetarian yang terakhir adalah salad buah. Setuju dong kalau buah adalah makanan yang menyehatkan dan gak bikin gemuk? Nah, itu sebabnya salah buah jadi menu wajib bagi seorang vegan, hehe.

Itu dia macam-macam makanan vegetarian untuk kamu konsumsi sehari-hari. Kamu bisa beli bahan-bahan untuk membuat makanan-makanan tersebut di HappyFresh Supermarket, nih! Tenang, kebutuhan yang kamu cari dijamin selalu tersedia dan always fresh! Ditambah lagi, banyak promo setiap harinya yang bisa kamu nikmati mulai dari flash sale hingga gratis ongkir!

Eits, belanja di HappyFresh Supermarket juga fleksibel banget karena kamu bisa pilih jadwal pengiriman sesuai keinginan. Pokoknya, semua #BisaDiatur deh!


BACA JUGA: Resep Menu Buka Puasa Vegetarian, Nikmat & Mudah!

resep menu buka puasa


Referensi: