Belanja Sekarang!

Kapan bayi bisa duduk? mungkin sekarang hal inilah yang sedang kamu pertanyakan saat melihat tahap perkembangan bayi  yang begitu cepat.

Duduk menjadi salah satu tahap perkembangan bayi yang biasanya terjadi ketika si Kecil menginjak usia 7-8 bulan. Nah, untuk membantumu mendukung perkembangan si Kecil simak tahapannya di bawah ini.

Umur berapa bayi bisa duduk?

kapan bayi bisa duduk

1. Dimulai sejak usia 4 bulan

Jika ditanya kapan bayi bisa duduk? jawabannya dimulai saat usia sekitar 4 bulan. Di usia 4 bulan si Kecil akan belajar mengangkat kepala dan tengkurap. Di tahap ini bayi juga kan mulai berguling dan mendorong dengan sikunya. Latihan ini akan membantunya masuk ke tahapan berikutnya.

2. Tahapan duduk tripod

Saat si kecil mulai belajar duduk, ia akan menggunakan satu atau dua tangannya untuk membantunya menjaga keseimbangan tubuh. Tahapan ini disebut sebagai posisi tripod.

3. Duduk sebentar dan mudah jatuh

Memasuki usia sekitar 6 bulanan, si kecil biasanya sudah bisa duduk dalam beberapa detik. Namun, di fase ini keseimbangan bayi masih belum stabil, karenanya siapkan area tempat duduk dengan alas yang empuk.

kapan bayi bisa duduk

Tanda bayi sudah mulai bisa duduk

Ada 2 tanda yang mengindikasikan bayi sudah mulai bisa duduk, yaitu:

1. Mulai merangkak

Biasanya, bayi yang sudah “siap” untuk duduk juga sudah bisa merangkak. Ini terjadi pada saat bayi berusia sekitar 6 bulan.

2. Suka mendorong tubuhnya

Ada kalanya bayi juga suka mendorong tubuhnya ke atas saat dalam posisi tengkurap. Jika begini, maka ia tampaknya sudah siap untuk belajar duduk.

Cara melatih bayi agar bisa duduk

umur berapa bayi bisa duduk

1. Gunakan bantal

Kamu bisa mulai mendudukkannya dengan bantuan bantal. Pastikan kamu tidak meninggalkan si Kecil sendirian, yah.

2. Lakukan tummy time secara rutin

Biarkan ia mengeksplorasi lantai. Berikan waktu untuk si Kecil tengkurap dengan bebas agar ia bisa melatih otot-otot di bagian belakang tubuhnya. Ini disebut sebagai tummy time.

3. Biarkan bayi dalam posisi telentang

Selain tengkurap, biarkan juga si Kecil terlentang untuk memperkuat otot-otot bagian depan. Kamu bisa meletakkan mainan di atas tubuhnya dan biarkan ia belajar untuk meraihnya.

4. Biasakan dalam posisi duduk

Melansir Alodokterapabila bayi sudah sering mengangkat tubuhnya saat posisi tengkurap, maka kamu sudah bisa membiasakannya dalam posisi duduk. Kamu bisa menggunakan bantuan kursi khusus untuk menopang tubuhnya. Pertahankan posisi duduk ini selama 5-10 menit setiap harinya.

Bayi belum bisa duduk, kapan harus khawatir?

Sebagaimana dilansir dari SehatQsebenarnya tidak ada patokan khusus umur berapa bayi harus sudah bisa duduk. Hal ini mengingat perkembangan setiap bayi bisa berbeda-beda, ada yang cepat dan ada juga yang lebih lambat.

Namun, kamu bisa mulai waspada apabila si kecil belum bisa menegakkan kepala di usia 4 bulan, atau belum bisa duduk sendiri saat usianya mencapai 9 bulan. Segera kunjungi dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Nah, sekarang kamu nggak perlu lagi menanyakan, “umur berapa bayi bisa duduk?”, karena semua jawaban yang kamu butuhkan sudah diulas di atas.

Belanja kebutuhan bayi online di HappyFresh Supermarket, lebih mudah & hemat!

Oh iya, jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan si kecil mulai dari makanan, sampo bayi, dan lainnya, ya. Kamu bisa membeli semua kebutuhan tersebut di HappyFresh Supermarket!

Semua kebutuhan bayi dan rumah tangga lainnya yang kamu cari dijamin fresh. Selain itu, kamu bisa atur jadwal pengiriman belanjaan sesuai keinginan, lho. Daaan, jangan lewatkan juga berbagai diskon & promo menarik setiap hari. Pokoknya, semua #BisaDiatur!

Yuk, belanja sekarang juga di HappyFresh Supermarket. Happy shopping!

Ambil diskonnya sekarang!

BACA JUGA: Ini 4 Tahap Perkembangan Kognitif Anak yang Perlu Diketahui Orangtua

tahap perkembangan anak


Referensi: