Install Sekarang!

Sajian ikan bandeng goreng telur adalah salah satu hidangan yang lezat. Sajian ini mudah sekali dibuat karena bumbu dan bahan yang digunakan pun tidak sulit didapatkan. Serta hampir semua orang sudah mengetahui resepnya. Rahasia dari kelezatan dari resep ini adalah menggunakan ikan bandeng dan telur ayam segar. Dengan kata lain kamu harus mengetahui tips memilih daging ikan dan telur yang baik.

Jika kamu belum mengetahuinya, tidak perlu khawatir. Yuk simak tips memilih daging ikan dan telur berikut ini:

Cara memilih daging ikan yang baik:

  1. Pilih ikan dengan mata yang bening, ini menandakan ikan sehat.
  2. Lihat bagian dalam insang ikan tersebut. Pilih ikan yang memiliki insang berwarna merah muda, segar, masih basah dan tidak berlendir. Hal ini menandakan ikan masih baru.
  3. Pegang daging ikan dengan telunjuk. Daging ikan yang bagus dan segar, jika dipegang akan kembali elastis seperti semua alias gempi. Sedangkan yang tidak elastis menandakan daging ikan sudah tidak segar.
  4. Lihat kembali sisik/ kulit ikan masih rapi kah? Maksudnya tidak rusak atau terkoyak. Sirip dan ekor yang masih bagus juga menandakan ikan yang sehat. Selain itu, perhatikan juga kulit ikan apakah berlendir kental atau tidak. Jika berlendir kental diindikasikan ikan sudah lama tersimpan dalam keadaan yang tidak/ kurang baik.

Cara memilih telur ayam yang baik:

  1. Pilih telur yang warnanya lebih pekat dan cerah. Hal ini menunjukkan bahwa telur telah di produksi dengan sempurna dan cangkangnya kuat sehingga dapat melindungi isi telur dengn baik. Telur yang sudah lama biasanya mempunyai warna kulit telur yang kusam atau keruh, juga mulai timbul bintik-bintik hitam yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur.
  2. Pilih telur dengan ukuran normal, tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar. Terkadang kita biasanya menilai sesuatu yang lebih besar itu lebih baik. Padahal bisa saja sebaliknya. Ukuran telur yang kecil biasanya merupakan telur dari ayam muda, cangkang nya biasanya lebih tebal, tentu akan sangat berfungsi dalam melindungi isi telur.
  3. Pilih telur yang berbentuk lonjong, karena kandungan kuning telurnya akan lebih banyak dibandingkan telur yang berukuran bulat. Apa lagi untuk bahan baku kue yang terkadang hanya membutuhkan kuning telur saja, tentu ini sangat bermanfaat.
  4. Ciri-ciri telur yang bagus adalah kulit telur tidak rusak atau retak serta berlubang. Apabila menyentuh atau meraba permukaan kulit telur terdapat butiran-butiran putih yang terasa kasar, maka telur bisa dikatakan masih segar. Permukaan kulit telur yang mengkilap dan licin dapat dicurigai bahwa telur tersebut sudah disimpan dalam waktu lama.
  5. Pilihlah telur yang aromanya tidak berbau busuk. Jika aromanya sudah berbau busuk tentunya telur itu sudah dalam kondisi tidak bagus lagi.
  6. Perlakukan telur dengan cara mengguncangnya. Jika terdengar bunyi atau terasa ada yang longgar, itu menandakan telur tersebut sudah dalam kondisi kurang baik. Jadi pilih lah yang tidak ada suaranya.

Itulah tips memilih daging ikan dan telur yang baik. Dengan menggunakan daging ikan bandeng yang segar dan telur ayam yang baik, kamu akan mendaptkan ikan bandeng goreng yang sangat renyah dan nikmat.

Jika kamu tidak mau repot-repot untuk memilih ikan bandeng dan telur ayam di supermaket, kamu cukup membeli ikan bandeng dan telur ayam menggunakan HappyFresh.

HappyFresh bekerjasama dengan supermarket yang terkenal dengan kesegaran daging ikan dan telur ayam yang mereka jual, seperti Ranch Market dan Farmers Market. Selain itu, HappyFresh memiliki personal shopper yang selalu siap melayani kamu.

personal shopper HappyFresh

Mereka merupakan personal shopper profesional yang bertugas untuk mengambilkan pesanan kamu di supermarket rekanan HappyFresh, yang tentu saja mengetahui tips memilih daging ikan dan telur. Sehingga kamu akan selalu mendapatkan daging ikan dan telur terbaik.

Nah dengan belanja menggunakan HappyFresh, kamu akan menerima ikan bandeng dan telur ayam yang segar dengan kualitas terbaik!