HappyFresh Incentive Banner

Cek Diskon Terbaru!

Nggak banyak yang tahu manfaat ketumbar untuk kesehatan. Tanaman herba ini ternyata kaya akan nutrisi seperti vitamin A, B, C, K, fosfor, kalsium, magnesium, zat besi, dan folat. Nah, untuk mendapatkan semua manfaat ini ketumbar juga bisa direbus dan diminum airnya.

Untuk membuat air rebusan tersebut, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan merebus air hingga mendidih. Setelah mendidih, masukkan dua sendok makan biji ketumbar dan rebus kurang lebih selama 15 menit. Kemudian saring biji ketumbar dan diamkan selama 2 jam lalu diminum.

Melansir dari Alodokter air rebusan ketumbar ini kaya akan senyawa antioksidan dan memiliki lima manfaat di bawah ini.

1. Manfaat ketumbar bagi kesehatan, yaitu mengatasi masalah pencernaan

manfaat ketumbar bagi kesehatan untuk masalah pencernaan

Seperti yang disebutkan di atas, air rebusan ketumbar memiliki sifat antioksidan. Tak hanya itu, air rebusan ini juga bermanfaat sebagai antiradang, dan antibakteri. Selain itu, kandungan serat di dalam ketumbar juga meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan sehingga baik diminum jika mengalami masalah mual, diare, dan perut kembung.

2. Air ketumbar juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh

keluarga dengan imun sehat berkat manfaat ketumbar bagi kesehatan

Tak hanya mengatasi masalah pencernaan, kandungan antioksidan di dalam air rebusan ketumbar juga berfungsi melawan kerusakan akibat radikal bebas dan membantu sistem daya tahan tubuh menjadi lebih kuat sehingga tidak mudah terserang penyakit.

3. Manfaat ketumbar bagi kesehatan yang cukup populer, yaitu dapat membantu meredakan jerawat

manfaat ketumbar untuk kesehatan bisa meredakan jerawat

Mengutip dari katadata, kandungan zat besi yang tinggi di dalam air ketumbar memiliki sifat anti jamur sehingga dapat melawan bakteri yang menyebabkan jerawat.

4. Menjaga kesehatan jantung

manfaat ketumbar bagi kesehatan jantung

Ketumbar yang dikonsumsi secara langsung atau dengan meminum air rebusannya ternyata juga baik untuk kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan ketumbar dapat mengontrok tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

5. Ketumbar juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah

manfaat ketumbar bagi kesehatan untuk menurunkan kadar gula darah

Air ketumbar rupanya juga mampu meningkatkan produksi dan kinerja hormon insulin, sehingga kadar gula darah bisa terkendalikan. Efek ini menjadikan air ketumbar baik dikonsumsi untuk mengurangi risiko terkena penyakit diabetes.

Itulah lima manfaat ketumbar bagi kesehatan. Bagi penderita diabetes ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Ingin restock ketumbar di rumah? Pakai HappyFresh aja. Tak cuma ketumbar, Personal shopper HappyFresh juga akan membantu memilihkan produk kebutuhan rumah tangga lainnya seperti perlengkapan pembersih rumah, produk bayi, hingga sayur atau buah sesuai preferensimu.

Yuk, coba belanja pakai HappyFresh mumpung ada promo Hargolnas biar makin #BerasaHematnya. Klik tombol di bawah ini untuk mulai berbelanja.

Belanja Sekarang!

BACA JUGA: 5 Cara Mencegah Penyakit Jantung, Yuk Mulai dari Sekarang!

cara mencegah penyakit jantung dalam rangka memperingati hari jantung sedunia


Referensi: